Tips Rumah Tampak Mewah

Memiliki rumah yang terkesan mewah adalah dambaan banyak orang. Tak perlu besar dan megah jika ingin membangun sebuah rumah yang terkesan mewah.

Berikut ini adalah beberapa tips rumah tampak mewah yang sangat mudah dan murah.

Ragam Tips untuk Membuat Rumah Tampak Mewah

1. Gunakan Karpet

Gambar oleh Flash Alexander dari Pixabay

Karpet adalah salah satu pelengkap ruangan yang terkadang dilupakan oleh pemilik rumah. Penutup lantai ini selain berfungsi untuk memberi kehangatan saat dipijak, juga bisa menambah kesan mewah. Pilih karpet dengan ukuran cukup besar. Letakkan di bawah meja dan sofa.

Motif karpet bisa disesuaikan dengan tema ruangan dan warna dinding. Selain motif, bahan karpet juga bisa mempengaruhi kesan dalam ruangan. Gambar tersebut bisa dijadikan referensi untuk memilih karpet yang tepat di ruang tamu atau ruang keluarga.

2. Kreasikan Gorden

Gambar oleh Victoria Borodinova dari Pexels

Gorden bisa melindungi privasi pemilik rumah. Buat gantungan gorden jauh di atas jendela agar ruangan terkesan tinggi.

Pilih bahan gorden yang agak tebal sehingga menambah kesan mewah pada ruangan. Selain itu, menggunakan gordyn dengan beberapa lapisan juga bisa menambahkan kesan mewah.

3. Berikan Lampu Dinding

Gambar oleh Pixabay dari Pexels

Lampu dinding dan lampu meja juga bisa meningkatkan tingkat kemewahan dan kenyamanan ruangan. Penutup lampu dan model tiang lampu harus sesuai dengan tema.

Jika rumah menggunakan desain bergaya minimalis, maka pilih lampu dengan tangkai yang sederhana dan berbentuk geometris. Namun jika rumah bertema klasik, pemilik rumah bisa mengkreasikan lampu dengan ornamen yang cantik. Asalkan warna yang digunakan serasi dengan ruangan dan furniture.

4. Lampu Gantung di Tengah Ruangan

Gambar oleh Naim Benjelloun dari Pexels

Meninggikan atap juga bisa menjadi tips rumah tampak mewah. Atap tinggi adalah ciri dari ruangan yang terlihat lapang. Tambahkan lampu gantung yang cantik di bagian tengah ruangan.

Sesuaikan pemilihan bohlam lampu, dengan kebutuhan cahaya. Misalnya jika ingin ruangan terlihat terang di malam hari, pemilik rumah bisa menggunakan lampu berwarna putih. Namun sebaliknya jika menginginkan suasana lebih romantis dan hangat, gunakan bohlam kuning.

Lampu gantung tak selalu harus ada di ruangan keluarga atau ruang tamu. Seperti pada gambar tersebut, lampu gantung terlihat cocok di ruang makan dan membuat ruang menjadi lebih elegan serta mewah.

5. Tambahkan Pajangan dan Dekorasi

Gambar oleh Pixabay dari Pexels

Dekorasi berupa pajangan guci dan lukisan bisa membuat rumah tampak seperti hotel mewah. Cari lukisan dan guci di tempat yang murah.

Misalnya pasar barang bekas, atau toko di pinggir jalan. Kunci kemewahan bukan dari segi harganya. Yang terpenting adalah segala unsur tambahan yang dipajang sesuai dengan tema ruangan dan terlihat harmonis.

Pasang dekorasi dengan rapi, seperti pada gambar tersebut. Ruangan terlihat rapi dan berkelas karena benda di dalamnya tertata dan saling melengkapi satu sama lain.

6. Sesuaikan Isi dengan Tema Rumah

Gambar oleh Designecologist dari Pexels

Tips rumah tampak mewah berikutnya adalah menyesuaikan semua barang yang dibeli dengan tema rumah. Bila perlu, saat akan pergi membeli barang perlengkapan rumah bawa foto ruangan.

Biasanya ibu-ibu seringkali lupa dengan kebutuhan yang harus dibeli, dan suka menambah barang-barang yang kurang dibutuhkan. Ini menyebabkan ada banyak barang dalam ruangan, namun kurang sesuai sehingga ruangan tampak penuh.

Gambar tersebut memperlihatkan bahwa tambahan bantal sebagai dekorasi juga harus sesuai dengan warna sofa. Sehingga meski ada motif yang berbeda, benda tersebut tetap menyatu dan memperkaya keindahan ruangan.

7. Gunakan Tema Warna Yang Harmonis

Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Saat ini pencarian warna yang harmonis dan sesuai satu sama lain sangat mudah. Banyak aplikasi dan website yang memberikan masukan warna yang tepat secara gratis.

Meski terlihat sepele, pemilihan warna bisa meningkatkan keindahan ruangan dan bisa juga membuatnya terlihat aneh. Perhatikan komposisi warna dalam contoh tersebut. Hanya ada beberapa warna yang diulang-ulang.

8. Gunakan Sofa

Gambar oleh leemelina08 dari Pixabay

Sofa merupakan tempat paling nyaman untuk melepas penat. Ukuran dan model sofa bisa menambah kesan mewah pada ruangan.

Pilih sofa yang seukuran dengan ruangan dan fungsional sehingga bisa menampung anggota keluarga. Sofa tanpa motif yang empuk dan nyaman sangat cocok untuk ruang keluarga.

Sofa dengan ukiran dan detail yang cantik bisa diletakkan dalam ruangan bertema klasik. Padukan dengan meja yang sesuai dengan kebutuhan.

9. Vas Bunga

Gambar oleh Gabriel Santos Fotografia dari Pexels

Tips rumah tampak mewah ke sembilan adalah menambahkan vas dan bunga. Gunakan bunga segar dan ganti secara berkala.

Wangi dari bunga bisa membuat ruangan lebih nyaman. Sedangkan penggunaan bunga asli, bisa menggambarkan kesan mewah sebab rumah terasa lebih terawat.

Pilih vas dengan motif sederhana, polos dengan warna netral atau bening. Tujuannya adalah agar meja tempat meletakkan vas tidak terlihat terlalu penuh sesak saat ada barang lain di atasnya.

Vas bening seperti yang terlihat di gambar tersebut bisa menjadi referensi. Air di dalam vas bisa diberi warna agar lebih menarik dan sesuai dengan jenis bunga yang dipasang.

10. Pasang Cermin

Gambar oleh Nadine Wuchenauer dari Pexels

Cermin bisa membuat ruangan terlihat lebih luas, dan berfungsi untuk membantu pemilik rumah mengoreksi penampilan sehari-hari. Tempatkan cermin dengan pigura di dinding, seperti pada gambar. Cermin ini tidak terlalu besar namun terlihat mewah berkat tepian pigura yang berwarna keemasan.

Pemilik rumah bisa juga meletakkan cermin besar dengan pigura sederhana di lantai dengan bantuan penyangga. Rumah minimalis akan sangat cocok dengan cermin dengan model berdiri seperti ini.

Cermin besar terlihat lebih sederhana dan fungsional karena bisa digunakan untuk mengoreksi penampilan dari kepala hingga kaki.

11. Jaga Kebersihan dan Kerapian

Gambar oleh Skitterphoto dari Pexels

Tips rumah tampak mewah ke sebelas adalah menjaga kebersihan dan kerapian rumah setiap waktu. Semua rumah mewah dalam katalog, majalah dan film pasti selalu terlihat bersih dan rapi.

Pemilik rumah yang ingin membuat rumahnya mewah dan senyaman hotel harus sering bersih-bersih. Kebersihan juga akan meningkatkan keawetan benda yang ada dalam rumah. Terlebih lagi yang berbahan kayu atau kulit.

Seperti contoh dalam gambar tersebut. Dapur yang biasanya mudah kotor dan berantakan tertata rapi dan bersih. Sehingga kesan mewah muncul dengan sendirinya tanpa harus meletakkan banyak ornamen.

12. Kontrol Suhu Udara dan Jumlah Cahaya

Gambar oleh Naim Benjelloun dari Pexels

Suhu udara tak hanya dikontrol dengan AC. Jika pemilik rumah tinggal di daerah dingin, yang perlu dilakukan adalah membuat jendela dan ventilasi yang berukuran tepat.

Biarkan cahaya matahari dan udara alami masuk secara leluasa. Kebersihan udara membuat ruangan semakin nyaman dan sehat. Seperti gambar tersebut, dimana ruangan terlihat terang dan indah.

Dua belas tips rumah tampak mewah tersebut tidak membutuhkan biaya besar atau usaha yang berat. Cukup tingkatkan sedikit jiwa artistik pada diri pemilik rumah dan rapikan konsep rumah tersebut. Memiliki rumah mewah sebenarnya adalah bonus dari keinginan untuk menjaga rumah tetap indah, nyaman, dan elegan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *