Jenis Tanaman Hias Indoor

Tanaman Hias Indoor belakangan ini cukup digemari oleh banyak orang di penjuru Nusantara. Banyak yang mengoleksi berbagai jenis tanaman hias indoor untuk menambah keindahan taman minimalis dalam rumah! Apalagi jika dari segi perawatan, tanaman hias Indoor lebih mudah dirawat.

Nah, bagi pemula yang ingin mencoba mengoleksi tanaman hias indoor, maka disarankan untuk memulainya dengan 8 jenis tanaman di bawah ini!

8 Jenis Tanaman Hias Indoor Untuk Taman Minimalis Anda

1. Echeveria

Sumber gambar : gardenersworld.com

Kebanyakan orang pasti merasa asing saat mendengar nama tanaman yang satu ini. Padahal, sebenarnya Echeveria termasuk salah satu spesies kaktus lho!

Tumbuhan Echeveria ini juga tergolong ke dalam tanaman sukulen. Menariknya, Echeveria memiliki bentuk daun yang menyerupai sebuah mawar dengan warna yang berbeda-beda tentunya.

Karena bentuk dan warnanya yang memang cantik, maka tak heran banyak yang mengoleksi tanaman Echeveria dan menaruhnya di atas meja sebagai hiasan.

Dan soal penyiraman, tanaman Echeveria ini dapat disiram 1-2 kali dalam seminggu tergantung media tanamnya. Serta perlu diingat, yang harus disiram itu adalah media tanamnya, sebab kalau yang disiram adalah tanamannya maka ditakutkan tanaman Echeveria dapat membusuk. 

Serta tanaman Echeveria ini sebaiknya dijemur saat pagi. Kemudian untuk pemberian pupuk dapat dilakukan 1-2 kali dalam sebulan.

2. Tanaman kupu-kupu (Oxalis Plant)

Sumber gambar : janeperrone.com

Tanaman hias yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri. Di mana daunnya yang memiliki bentuk seperti sayap kupu-kupu. Apalagi pada umumnya berwarna ungu. Benar-benar indah dan cocok ditaruh di dalam rumah.

Tapi perlu diingat, kalau merawat tanaman kupu-kupu di dalam rumah, sesekali harus dibiarkan terkena sinar matahari. Sebab kurangnya sinar matahari dapat membuat bunga cantik itu mengalami perubahan warna.

3.  Sirih Gading

Sumber gambar : haibunda.com

Berikut ini adalah Sirih Gading, salah satu jenis tanaman daun hias yang merambat, bisa dirawat di luar maupun di dalam rumah.

Tanaman Sirih Gading pun terkenal dengan daunnya yang cantik dan memiliki banyak varian warna. Tanaman Sirih Gading terdiri dari 5 jenis  yaitu Sirih gading kuning, Siring gading silver, Sirih Gading ungu, Sirih gading marble queen dan Sirih gading hijau

4. Lidah Mertua

Sumber gambar : lifestyle.okezone.com

Tanaman hias indoor selanjutnya adalah Lidah Mertua. Tanaman Lidah Mertua sendiri cukup populer belakang ini. Bahkan hampir di setiap kantor, rumah, serta sekolah, pasti kita dapat menemukan tanaman tersebut.

Sebenarnya, bukan hanya karena penampilannya yang cantik sehingga banyak yang menjadikan Lidah Mertua sebagai tanaman hias indoor. Tetapi, karena Lidah Mertua terbukti mempunyai manfaat dapat menyerap polutan dan karbondioksida, yang kemudian melepaskan oksigen di malam hari sehingga sangat bagus untuk kesehatan.

Memberikan keindahan sekaligus kesehatan, bukan?

5. Bunga Anthurium

Sumber gambar : sulsel.idntimes.com

Memiliki daun berbentuk unik serta bunganya yang cantik, merupakan keunikan tersendiri bagi bunga Anthurium.

Apalagi bunga yang satu ini memang begitu cocok dan pantas untuk dijadikan hiasan di dalam rumah. 

6. Aloe Vera/Lidah Buaya

Sumber gambar : doktersehat.com

Hampir semua orang sudah mengenal tanaman hias yang satu ini, yakni Lidah Buaya.

Bukan hanya digunakan dalam bidang kecantikan, lidah buaya pun dapat dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

Beruntungnya, tanaman lidah buaya termasuk tanaman gurun, sehingga tak perlu repot-repot disiram setiap hari.

7. Aglonema (Chinese evergreen)

Sumber gambar : parenting.dream.co.id

Sangking poluler dan banyak yang menyukai, tanaman Aglonema mendapat julukan sebagai ‘ratu tanaman hias’.

Bukan hanya karena cantik, tanaman yang satu ini begitu mudah dirawat dan memiliki umur panjang, alias tahan lama.

8. Janda bolong

Sumber gambar: shopee.co.id

Dan tanaman yang terakhir adalah Janda Bolong. Dari namanya saja sudah terdengar unik, apalagi saat dilihat secara langsung. Bahkan, harga Janda Bolong pun lumayan fantastis, lho!

Tanaman hias yang memiliki lubang-lubang pada daunnya ini sangat cocok disimpan di dalam rumah! Apalagi janda bolong ini termasuk tanaman yang tak membutuhkan banyak air. Bisa tumbuh subur dengan kondisi apapun.

Nah, demikianlah beberapa jenis tanaman hias yang cocok disimpan di dalam rumah serta perawatannya cukup mudah!

Selamat mencoba!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *