Rekomendasi Ikan Hias Air Tawar

Ingin membuat tampilan taman rumah Anda jadi semakin cantik dan unik? Kalau begitu coba saja buat kolam ikan minimalis!

Belakangan ini pun sudah banyak lho orang yang membuat kolam ikan dan merawat berbagai jenis ikan hias air tawar di rumah. Apalagi sudah terbukti jika memelihara ikan mampu menghilangkan stres sekaligus membuat seseorang merasa bahagia!

Nah, tunggu apa lagi? Pasti kamu jadi semakin tertarik untuk memelihara ikan hias, kan? Dan tenang saja, kali ini saya akan merekomendasikan 7 jenis ikan hias air tawar yang sangat cocok buat kolam ikan minimalis kamu.

1. Ikan Koi

sumber gambar : youtube.com

Siapa yang tak kenal dengan ikan Koi? Salah satu jenis ikan hias yang paling disukai oleh banyak orang. Bahkan ikan yang memiliki corak orange, emas, serta perak ini sering kali kita jumpai di rumah, kantor, pertokoan, serta mall.

Dengar-dengar sih, katanya ikan Koi dapat mendatangkan hoki alias keberuntungan bagi pemiliknya.

Dan ikan Koi sendiri juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit, lho. Cukup dengan melihat ikan Koi secara rutin, maka itu dapat mengobati penyakit Alzheimer (penyakit demensia atau pikun).

2. Ikan Kumpai

Sumber gambar : tokopedia.com

Selanjutnya ikan Kumpai, nah ikan yang satu ini harganya terbilang cukup murah dibandingkan dengan ikan Koi, lho!

Apalagi badan dan varian warna ikan Kumpai bisa dibilang hampir mirip dengan ikan Koi. Hanya saja, sirip-sirip dan ekor ikan Kumpai lebih panjang daripada ikan Koi.

3. Ikan Komet

Sumber gambar : youtube.com

Ikan Komet termasuk salah satu ikan hias yang cukup populer dan banyak dilakukan budidaya karena cukup banyak peminatnya. Ikan ini pun memiliki besar yang tak lebih dari empat jari orang dewasa.

Selain itu, ikan bernama latin Carassius Auratus ini juga memiliki ciri khas, yakni didominasi oleh orange kemerahan beserta putih.

Bahkan, perawatan ikan Komet sendiri terbilang cukup mudah dibanding dengan ikan-ikan hias lainnya!

Jenis-jenisnya pun beragam, ada ikan mas komet Sara, ikan komet Slayer, ikan mas komet Yellow, dan masih banyak lagi.

4. Ikan Hias Wakin

Sumber Gambar : mascota.eu.org

Biasa disebut ikan Mas Wakin atau ikan Koki Wakin. Jika ikan ini dilihat sekilas, memang mirip sih dengan ikan komet. Entah warnanya juga badannya lumayan mirip. Hanya saja buntutnya, lebih tepatnya bagian ekornya yang berbeda.

Jika ekor ikan komet memiliki panjang sebaris, maka ekor ikan Wakin memiliki dua baris.

5. Ikan Mas Koki

Sumber Gambar : taldebrooklyn.com

Nah, selanjutnya ikan Mas Koki. Ikan yang satu ini memang memiliki banyak jenis. Namun, biasanya memiliki warna yang cerah, yakni perpaduan warna kuning, putih dan merah.

Lalu untuk membedakan jenis ikan mas koki yang satu dengan lainnya, Anda bisa memperhatikan perbedaan warnanya, mata, bentuk kepala, hingga ekornya.

Dan uniknya ikan mas koki ada juga lho yang berwarna hitam! Namanya ikan mas koki Black Moor. Ikan itu memiliki warna hitam bercampur kuning keemasan. Matanya pun besar dan melotot, seolah menjadi keunikannya.

6. Ikan Swordtail

Sumber Gambar : bertani.co.id

Dari namanya saja ikan ini terdengar cukup keren, kan?

Apalagi sebenarnya ikan Swordtail ini memang memiliki ekor yang begitu cantik dan unik! Ekornya mirip seperti pedang sebab bentuknya yang memanjang.

Belum lagi ikan pedang ini sangat mudah dirawat dan dapat dikatakan kuat, sebab tidak rentan terhadap penyakit.

Menarik sekali, bukan?

7. Ikan Sapu Sapu Hias

Sumber Gambar : dictio.id

Dan yang terakhir adalah ikan sapu-sapu. Banyak orang yang beranggapan kalau ikan sapu-sapu adalah pembawa sial.

Padahal, itu tak benar, lho!

Ikan sapu-sapu sendiri justru memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai pembersih aquarium, membantu proses detoksifikasi, sumber makanan cadangan, sumber vitamin penting (seperti omega-3, zat besi, vitamin D), dan juga sebagai ikan hias yang unik.

Nah, itulah tadi 7 jenis ikan hias air tawar yang cocok untuk kolam ikan minimalis Anda!

Apalagi di saat pandemi seperti ini, memelihara ikan hias dapat dikatakan sebagai salah satu kegiatan yang menyenangkan sekali! Sekaligus dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang menambah penghasilan. Menarik, kan?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *