Perbedaan TikTok Lite dan TikTok Biasa

ByteDance, selaku developer dari aplikasi TikTok akhir-akhir ini mengeluarkan sebuah aplikasi baru bernama TikTok Lite.

Tidak perlu waktu lama, aplikasi TikTok Lite ini berhasil booming karena digadang-gadang bisa menghasilkan uang hingga ratusan bahkan jutaan rupiah.

Kemunculan aplikasi TikTok Lite juga membuat sebagian pengguna TikTok bertanya-tanya, apa perbedaan dari aplikasi TikTok biasa dan TikTok Lite ini.

Daripada semakin penasaran, silahkan langsung saja simak beberapa perbedaan dari aplikasi TikTok Lite dan TikTok biasa di bawah ini.

1. Ukuran Aplikasi

Perbedaan pertama yang paling mencolok tentu pada bagian ukuran aplikasi.

Aplikasi TikTok biasa memiliki ukuran asli 76 Mb, sedangkan saat sudah diinstal aplikasi TikTok reguler ini akan berukuran sekitar 300 Mb.

TikTok Lite tentu berukuran lebih kecil, ukuran aslinya adalah 21 Mb, dan saat sudah diinstal akan berukuran tidak lebih dari 100 Mb, tepatnya hanya sekitar 70 Mb saja.

2. Durasi Video

Ternyata selain ukurannya, terdapat juga perbedaan pada durasi video.

Dimana pada TikTok biasa kamu bisa mengupload video dengan durasi hingga 1 menit, sedangkan pada TikTok Lite kamu hanya bisa mengupload video dengan durasi maksimal 15 detik saja.

Meski begitu, kamu juga masih bisa menemukan berbagai video menarik dengan durasi 15 detik dan mendownloadnya melalui TikTok Downloader dari Snaptik. Cara mendownloadnya juga sama saja.

3. Tampilan

Pada bagian User Interface atau tampilan aplikasi, secara garis besar kedua aplikasi TikTok ini memiliki tampilan yang hampir sama.

Pada bagian menu juga terdapat pilihan opsi yang sama, mulai dari Home, Search, Upload, Inbox, dan menu Profil.

Namun terdapat sedikit perbedaan pada icon yang digunakan, dimana pada TikTok Lite ikon yang digunakan pada opsi Inbox berbentuk petir, yang mana pada TikTok biasa ikon Inbox ini berbentuk sebuah amplop.

Lalu pada bagian warna dasar tampilan juga terdapat perbedaan, pada TikTok biasa warna yang digunakan lebih dominan ke warna gelap (Dark).

Sedangkan pada TikTok Lite, warna lebih didominasi warna terang (White), mungkin hal ini dilakukan agar aplikasi TikTok Lite lebih ringan saat digunakan.

4. Fitur

Terakhir, pada bagian fitur juga terdapat beberapa perbedaan antara TikTok biasa dan TikTok Lite.

Hal ini tentu jelas terjadi, mengingat TikTok Lite diciptakan agar lebih ringan dan dapat berjalan dengan lebih lancar.

Oleh karena itu, pihak developer menghapus beberapa fitur seperti Live Photo, Digital Wellbeing, Block List, dan Wallet.

Itulah 4 perbedaan antara TikTok Lite dan TikTok biasa. Bagaimana? Masih tetap setia menggunakan TikTok biasa? Atau memilih untuk pindah ke TikTok Lite?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *