Inilah Perbedaan Smart TV Dan Android TV

Saat ini perangkat elektronik sudah semakin berkembang, termasuk Televisi. Televisi atau yang sering dikenal dengan TV telah melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan produsen TV adalah membuat TV pintar.

TV pintar paling populer adalah Smart TV dan Android TV. Keduanya memang terlihat tidak ada bedanya. Namun secara mendasar, kedua perangkat ini memiliki perbedaan. Perbedaannya dimulai dari harga hingga fasilitas yang diberikan.

Untuk orang awam, mengetahui perbedaan Smart TV dengan Android TV tampaknya terlalu kompleks. Oleh karena itu kami berikan informasi perbedaan antara Smart TV dan Android TV yang dikutip dari Wantek.ID.

1. Konektivitas ke Perangkat Lain

Perbedaan pertama adalah Android TV bisa menampilkan pencarian dalam Android TV (termasuk YouTube) ke perangkat lain. Perangkat yang dimaksud adalah perangkat elektronik lain seperti Smartphone ataupun Laptop. Sedangkan Smart TV belum memiliki satu fasilitas canggih ini.

2. Kecanggihan Smart TV

Kecanggihan Smart TV terletak pada fasilitas berupa “Sistem Perintah”. Sistem ini selayaknya sama dengan perangkat Komputer.

Kelebihan lain yang mencolok adalah jika Smart TV sudah terhubung ke jaringan internet. Smart TV bisa digunakan untuk streaming film melalui situs tertentu.

Selain itu, kalian juga bisa menikmati layanan browsing untuk mencari informasi terbaru di internet. Sayangnya penggunaan Smart TV tergolong cukup sulit buat orang awam.

3. Penginputan Suara

Android TV lebih unggul pada perbedaan nomor tiga ini. Pasalnya Android TV didukung dengan Sistem Operasi Android. Oleh karena itu didalamnya telah disematkan fasilitas perintah suara.

Perintah ini bisa kalian gunakan untuk mencari sebuah informasi ataupun video di saat sedang berselancar secara online. Jadi, cara kerja perintah suara ini seperti kalian sedang mengetik, hanya saja kalian tinggal “Bicara” saja Android TV sudah mulai memproses perkataan kalian.

Selain itu, Android TV juga menyediakan fasilitas Bluetooth. Fasilitas ini bisa kalian manfaatkan untuk menghubungkan ke remote, keyboard bahkan mouse sekalipun. Kecanggihan diatas pada umumnya tidak dimiliki oleh Smart TV.

4. Fasilitas

Fungsi utama Smart TV adalah untuk menonton siaran layaknya TV biasa. Hanya saja Smart TV ini bisa digunakan untuk kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut antara lain berselancar di internet, YouTube, menjalankan aplikas-aplikasi yang sudah ada dan masih banyak lagi lainnya. Nah, untuk Android TV sendiri fiturnya juga hampir mirip.

5. Fisik

Smart TV mempunyai bentuk fisik berupa Televisi sedangkan Android TV tidak memilikinya. Android TV hanya sebatas sistem yang bisa diakses pengguna dan TV pintar ini tidak memiliki bentuk Fisik.

6. Kecanggihan Android TV

Perbedaan terakhir terletak pada kecanggihan yang disediakan oleh Android TV. Kecanggihan tersebut karena Android TV memiliki sistem operasi Android. Dimana sistem operasi ini menyematkan semua fitur layaknya Hp Android.

Sematan fitur tersebut antara lain terdapatkan toko aplikasi yang bisa digunakan pengguna untuk menambah aplikasi lain yaitu Google Play Store. 

Sayangnya Android TV membatasi penggunanya dalam mendownload sebuah aplikasinya. Jadi, kalian sebagai pengguna tidak bisa bebas mendownload semua jenis aplikasi. Alasannya karena keterbatasan sistem pada Android TV.

Kemudian, kecanggihan lainnya adalah kalian bisa menikmati layanan streaming yang populer. Layanan tersebut antara lain Netflix, Hulu, Spotify dan lain sebagainya.

Selain itu kalian juga akan disuguhkan dengan konten berupa film, acara TV dan Game. Layanan tersebut ada yang berbayar dan ada juga yang gratis.

Jadi intinya, perbedaan paling menonjol antara Smart Tv dengan Android TV terletak pada bentuk fisiknya. Untuk itulah, sebelum membeli TV pintar ini lebih baik mengetahui perbedaan diantara kedua perangkat tersebut.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *