Perbedaan Asus TUF dan ROG 2020

Laptop Asus Gaming lahir dengan tipe ROG yang sangat memukau. Akan tetapi, lahirnya Asus Gaming TUF bisa dipastikan ROG akan tergusur atau sebaliknya. Jadi, berikut penjelasan tentang beda Asus Gaming ROG dan TUF secara umum di 2020.

9 Perbedaan Asus TUF dan ROG

1. Performa dan Durabilitas

Perbedaan yang pertama adalah TUF memiliki performa lebih tinggi dibandingkan ROG. Karena pada perangkat ini konsep hardware seperti motherboard adalah hasil evolusi dari Asus FX yang sempat viral.

Selain itu durabilitas dalam setiap sistem yang berjalan lebih maksimal. Karena perangkat portable yang dipersiapkan lebih canggih. 

2. Triping Luar Laptop

Dari segi Triping Luar TUF masih lebih unggul dibanding Asus Gaming yang tipe ROG. Karena perangkat ini sudah menyematkan Red Light pada keyboard backlight yang membuat interface casing lebih berwarna.

Memang pada tipe TUG distingsi untuk konfigurasi perangkat keras sedikit dikurangi. Akan tetapi ini tertutupi dengan tampilan logo Decal Strike di bagian belakang yang dikolaborasikan dengan Wrist Rest.

3. Bahan Casing

Beda Asus Gaming ROG dengan TUF terkait bahan casing laptop, sejatinya tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Keduanya masih mengusung kontruksi desain casing luar yang berbahan alumunium. Ini juga ditunjang dengan dimensi yang hampir sama.

Karena hal itulah kedua perangkat gaming digital ini memiliki berat bobot sebesar 2.3 kg saja. Sedangkan dimensi secara keseluruhan berukuran 38,4×26,2×2,5cm.

Cuma untuk tipe TUF casing lebih tipis. Karena sudah menyematkan panel ips dan bezel yang cukup sempurna.

4. Spesifikasi GPU

Beda Asus gaming ROG dan TUF yang ketiga adalah spesifikasi GPU. Untuk ROG sudah menggunakan GPU GTX1050 Ti yang tergolong spesifikasi GPU paling tinggi.

Sedangkan tipe TUF masih mengusung spesifikasi GPU GTX 1060 yang lebih populer disebut tipe GL504 GM. Sebuah spesifikasi GPU yang dianggap termurah saat ini.

Dengan adanya perbedaan spesifikasi GPU ini tentu laptop Asus Gaming ROG lebih mumpuni untuk menghasilkan visual 3D yang lebih bagus dibandingkan yang tipe TUF. Ini tak lain akibat kecanggihan yang diusung GPU di antara keduanya memiliki tingkatan yang berbeda.

5. Spesifikasi Prosessor

Untuk spesifikasi prosessor Asus Gaming tipe ROG masih sedikit di atas tipe TUF. Maka dari itu harganya jauh lebih mahal karena kualitasnya lebih tinggi.

Asus Gaming Tipe ROG menggunakan prosessor intel Core i7-8750H yang diperkuat dengan GPU GPU Nvidia GeForce GTX 1060. Sedangkan Asus Gaming Tipe TUF masih berjalan dengan prosessor Core i5-8300H.

Dengan adanya perbedaan spesifikasi semacam ini tentu Asus Gaming Tipe ROG lebih layak digunakan untuk memainkan game laptop jenis high class. Sekalipun begitu  Asus Tipe TUF juga bagus untuk memainkan permainan tipe medium.

6. Fitur

Kedua perangkat ini sama mengusung fitur-fitur yang bagus. Bahkan keduanya bisa digunakan untuk memainkan game-game high class.

Untuk asus tipe gaming TUF mengusung fitur NanoEdge Display, Anti-Dust Cooling, dan AURA Sync RGB Keyboard. Sedangkan untuk Asus Gaming tipe ROG ada penambahan fitur Active Aerodynamic System yang dikolaborasikan dengan tool Anti-Dust Cooling System.

Dengan adanya fitur-fitur ini Asus Tipe TUF jelas lebih unggul dibandingkan ROG. Namun dalam prosesnya masih belum maksimal. Bahkan ada yang mengatakan fitur tersebut hanya sekadar Gimmick.

7. Kapasitas Memori

Kedua laptop ini juga memiliki perbedaan terkait memori yang diusung. Untuk Asus Gaming tipe ROG sebagian besar unitnya mengusung memori RAM 64 GB. Hal ini masih dipadu dengan SSD 256 bahkan ada yang berukuran 512 GB untuk SSD-nya.

Asus gaming tipe TUF berkekuatan memori RAM 8 GB up 32 GB Intel Optine dikolaborasikan dengan DDR4. Akan tetapi ada juga beberapa unit laptop jenis ini yang masih mengusung memori RAM hanya sampai pada 16 GB saja.

Jika dilihat dari perbedaan spesifikasi memori ini tentu layak Asus Gaming ROG dihargai lebih mahal. Karena game-game berukuran tinggi bisa ditampung dengan baik tanpa membebani laptop dengan data-data yang berat.

8. Ukuran Layar

Dari segi display atau layar antara Asus Gaming tipe ROG dengan TUF memiliki ukuran yang berbeda. Untuk Asus tipe TUF sebagian besar menggunakan ukuran layar 15.6 inches. Sebuah ukuran yang cukup ideal untuk memainkan permainan di laptop.

Sedangkan Untuk Asus Gaming tipe ROG selain mengusung ukuran layar 15.6 inches juga ada beberapa unit yang layarnya sedikit berukuran lebih tinggi yaitu 16 inches. Tentunya ukuran ini cukup luas untuk perangkat bernama laptop.

Jika melihat perbedaan di atas Asus Gaming Tipe ROG lebih memuaskan jika dijadikan sarana untuk memainkan game online maupun offline. Dijamin semangat ketika bermain semakin meningkat.

9. Resolusi Layar

Beda Asus Gaming ROG dan TUF yang selanjutnya adalah beda resolusi layar. Untuk laptop Asus tipe ROG sudah menggunakan resolusi layar Full HD 1920 x 1080 Pixcel. Karena itu sudut pandang di laptop ini sangat lapang dan luas.

Sedangkan Asus Gaming tipe TUF juga menggunakan resolusi layar yang sama yaitu Full HD 1920 x 1080 Pixcel tetapi dilengkapi dengan panel Ips dan Bezel yang tipis. Memang gambar lebih tajam tetapi kurang garang untuk laptop spesifikasi gaming.

Itulah beda Asus Gaming ROG dan TUF yang perlu diketahui.

Namun, di tahun ke depan, sepertinya ASUS ROG lebih menyajikan ragam produk yang lebih keren dan desain futuristik. Tentunya dengan harga yang lebih tinggi mengingat spesifikasinya pun lebih berbobot.

Bila penulis diminta untuk memilih, penulis lebih merekomendasikan ASUS ROG. Untuk ulasan per produknya sendiri, ada beberapa blog yang menyajikan, misalnya rekomended.com di kategori komputer. Review laptop gaming cukup bervariasi pada web tersebut.

Selanjutnya silakan tentukan pilihan laptop mana yang terbaik dan layak digunakan untuk bermain game.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *