Pengertian Sistem

Tahukah Anda apa itu sistem? Setiap organisasi di berbagai bidang selalu memiliki sistem.

Bahkan, tubuh Anda juga memiliki sistem, yang disebut sistem organ, sistem, pencernaan, sistem reproduksi, dan sebagainya.

Agar bisa menggunakan istilah ini dengan benar, berikut adalah beberapa pengertian sistem.

Pengertian Sistem Secara Umum

Kata “sistem” diprediksi berasal dari kata kerja “systema” (Bahasa Yunani), yang memiliki arti “disatukan”.

Secara istilah, sistem adalah sekelompok item yang disatukan, saling bergantung, dan saling berinteraksi secara teratur untuk melakukan tugas.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Berbagai ahli telah mencoba mendefinisikan istilah “sistem” dengan cara yang berbeda seperti berikut ini:

  • R. Johna

Sistem adalah serangkaian hal yang bekerja bersama sebagai bagian dari mekanisme atau jaringan interkoneksi.

  • Margaret Rouse

Sebuah sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen atau komponen yang disatukan untuk tujuan yang sama.

  • Lani Sidharta

Sistem adalah seperangkat prosedur, metode, dan rutinitas terperinci yang sengaja dibuat untuk menjalankan tugas, aktivitas, atau memecahkan masalah tertentu.

  • James Havery

Sistem adalah suatu kumpulan atau kombinasi dari hal-hal atau bagian-bagian yang membentuk satu kesatuan yang kompleks.

  • Umar Fahmi Achmadi

Sistem adalah satu set benda atau perangkat terhubung dan beroperasi bersama.

  • Djekky R. Djoht

Sistem adalah sekumpulan fakta, prinsip, aturan, dan sebagainya yang diklasifikasikan atau diatur dalam bentuk yang teratur dan rinci untuk menunjukkan rencana logis yang menghubungkan berbagai bagian.

  • R Adcock

Sistem adalah sekumpulan bagian terkait apa pun yang memiliki koherensi yang cukup antara bagian-bagian tersebut untuk membuatnya terlihat secara keseluruhan.

  • Ackof

Sistem adalah kombinasi dari perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan telekomunikasi yang dibangun dan digunakan orang untuk mengumpulkan, membuat, dan mendistribusikan data yang berguna, biasanya dalam pengaturan organisasi.

  • John Mc. Manama

Sistem adalah struktur terkonsep yang terdiri dari banyak bagian dan fungsi yang saling berkaitan serta beroperasi bersama untuk mencapai hasil yang telah ditetapkan.

  • Zulkifli A.M.

Sistem adalah himpunan benda abstrak dan nyata yang memiliki banyak komponen dan semuanya saling berhubungan.

  • Colin Cherry

Sistem adalah komponen yang saling terkait untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi, serta dapat mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, kontrol, analisis, dan visualisasi dalam suatu organisasi.

  • Henry Prat Fairchild

Sistem adalah sekumpulan data yang telah disusun untuk membantu menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah. Tujuan sistem adalah mengubah data mentah menjadi informasi berguna yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

  • Murdick, R. G

Sistem adalah dua atau lebih elemen yang disatukan dan membentuk prosedur baru untuk memperoleh suatu informasi.

Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer adalah sekumpulan perangkat terintegrasi yang memasukkan, mengeluarkan, memproses, dan menyimpan data serta informasi. Sistem komputer saat ini dibangun di sekitar setidaknya satu perangkat pemrosesan digital.

Ada lima komponen perangkat utama dalam sistem komputer, yaitu perangkat input, pemrosesan, penyimpanan, output dan komunikasi. Inti dari sistem komputer adalah unit sistem. Bagian ini biasanya berupa kotak persegi panjang yang diletakkan di atas atau di bawah meja Anda.

Namun, ada juga yang mendefinisikan sistem komputer sebagai kumpulan entitas (perangkat keras, perangkat lunak, dan perangkat hidup) yang dirancang untuk menerima, memproses, mengelola, dan menyajikan informasi dalam format yang bermakna.

Contoh Sistem

Agar lebih mudah memahami apa itu sistem, berikut adalah beberapa contohnya:

  • Sistem Transportasi

Sistem transportasi adalah moda transportasi untuk mengangkut penumpang dan barang. Tujuan dari sistem ini adalah mengoptimalkan ruang dan waktu untuk memindahkan penumpang / barang dari satu lokasi ke lokasi lain secara aman, nyaman, dan dengan biaya lebih rendah.

  • Sistem Informasi

Sistem informasi adalah seperangkat komponen terintegrasi yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data serta menyediakan informasi, pengetahuan, dan produk digital. Sistem informasi biasanya digunakan untuk menjalankan rantai pasokan antar organisasi dan pasar elektronik.

Suatu organisasi akan menggunakan sistem informasi untuk mengelola sumber daya manusia, memproses akun keuangan, dan menjangkau calon pelanggan. Barang digital seperti buku elektronik, produk video, layanan online, game, dan jejaring sosial juga merupakan sistem informasi.

  • Sistem Manajemen Basis Data

Sistem manajemen basis data alias Database Management System (DBMS) adalah kombinasi perangkat lunak dan data yang memungkinkan untuk mengatur dan menganalisis data.

  • Sistem Informasi Geografis

Geographic Information System (GIS) adalah sistem yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis semua jenis data geografis.

  • Sistem pakar

Sistem ini dirancang untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dengan mengikuti penalaran seorang pakar.

  • Sistem Organ

Sistem organ adalah sekumpulan organ yang bekerja bersama untuk menjalankan fungsi tertentu dalam tubuh suatu organisme.

Sederhananya, sistem adalah kumpulan bagian (atau subsistem) yang terorganisir dan sangat terintegrasi untuk mencapai tujuan keseluruhan. Jika satu bagian dari sistem diubah, sifat dari sistem secara keseluruhan juga berubah. Sistem sendiri berkisar dari yang sederhana hingga kompleks.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *