Pengertian Poster

Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi berdampak pada semua sektor, salah satunya adalah ekonomi. 

Saat ini, pedagang atau produsen berlomba-lomba untuk membuat desain iklan menarik berbentuk poster yang juga sering dimanfaatkan oleh pihak yang ingin membuat pengumuman.

Simak pengertian poster terlengkap berikut ini yang telah kami dapatkan dari Cryptowi.com beserta tujuan, fungsi dan jenisnya di bawah ini.

Pengertian Poster Adalah          

Secara umum, poster diartikan sebagai sebuah media publikasi dengan perpaduan gambar dan tulisan.

Bertujuan untuk memberikan informasi pada masyarakat. Biasanya poster dipasang di tempat yang ramai dan strategis seperti jalan, pasar, sekolah, fasilitas kesehatan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Informasi yang diberikan berisi ajakan baik itu membeli sebuah produk, mengikuti event tertentu maupun edukasi preventif.

Poster merupakan implementasi dari bentuk seni grafis dua dimensi antara gambar, huruf, angka pada media kertas yang besar.

Pengertian lainnya adalah kombinasi berbagai macam visual, didesain secara kuat dan dilengkapi dengan huruf, gambar dan angka warna-warni.

Dibuat sedemikian rupa agar masyarakat tertarik untuk melihatnya sehingga maksud dan tujuan bisa tersampaikan dengan baik dan tertanam dalam ingatan.

Perkembangan zaman yang semakin pesat membuat poster tidak hanya ditempelkan di keramaian saja tapi juga di platform digital. Contohnya yaitu instagram, facebook, whatsapp dan lain sebagainya.

Pengertian Poster Menurut KBBI

Arti kata poster menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia termasuk cukup singkat namun menggambarkan keseluruhan makna, yaitu sebuah plakat yang dipasang di tempat umum atau ramai, baik itu berupa pengumuman atau iklan.

Poster juga memiliki ciri khusus, yaitu:

  • Menarik perhatian orang yang membaca
  • Menggunakan bahasa yang logis, singkat, padat dan jelas
  • Mengandung kalimat ajakan
  • Menggunakan sketsa atau gambar yang mudah dimengerti
  • Membuat orang paham tanpa memerlukan waktu yang cukup lama
  • Didesain di kertas khusus.

Tujuan Poster

Setelah mengetahui pengertian poster, selanjutnya apa sih tujuan dibuatnya? Seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu sebagai media penyampaian informasi dan memastikan masuk ke dalam pikiran dan hati masyarakat. Tapi ada juga tujuan lainnya, diantaranya adalah:

  • Menjadikan masyarakat tahu tentang kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan. Seperti donor darah, bazaar, peringatan hari kemerdekaan, sumpah pemuda dan lain-lain.
  • Menjadikan produk atau jasa dikenal oleh masyarakat luas sehingga mereka tertarik untuk menggunakan atau membelinya.  
  • Memberikan peringatan atau pengetahuan kepada masyarakat tentang apa yang harus dilakukan. Seperti situasi saat ini, banyak poster bertebaran untuk mengajak rajin mencuci tangan, memakai masker dan jaga jarak agar terhindar dari covid 19.
  • Mengajak masyarakat untuk menghindari hal yang bisa merugikan orang di sekitarnya. Seperti larangan memakai narkoba, merokok di tempat umum dan buang sampah sembarangan.

Fungsi Poster

Pada intinya, fungsi poster ada tiga yaitu menyampaikan informasi, media promosi jasa atau barang dan ajang bagi para desainer untuk meningkatkan kreativitas. Anda juga perlu tahu bahwasanya promosi dengan media poster dinilai lebih murah dibandingkan jika memasang iklan di radio, TV atau yang lainnya.

Pun saat ini, banyak poster yang mengandung unsur edukatif dan sering dilombakan mulai dari tingkat lokal hingga internasional. Contohnya adalah lomba poster anti kekerasan seksual, lomba stop bullying pada remaja dan stop penyebaran hoax.

Jenis-Jenis Poster

Jenis poster dibagi menjadi beberapa macam yang ditinjau dari isi dan tujuannya. Ini dia penjelasan lengkapnya:

  1. Poster Berdasarkan Isinya

Jenis poster yang ditinjau berdasarkan isinya dibagi menjadi empat jenis yaitu:

  • Poster niaga yang menawarkan sebuah jasa atau produk.
  • Poster pendidikan yang bersifat edukatif dan persuasif
  • Poster kegiatan yang memberitahukan akan diselenggarakannya sebuah acara agar masyarakat datang dan mengikuti.
  • Poster layanan masyarakat yang berisi informasi umum tentang suatu masalah tertentu, tujuannya untuk mengedukasi. Contohnya adalah larangan merokok, narkoba dll.
  • Poster Berdasarkan Tujuan Pembuatannya

Berdasarkan tujuan pembuatannya, poster dibagi menjadi sepuluh jenis, diantaranya yaitu:

  • Poster riset yang bertujuan untuk memberikan informasi hasil riset atau penelitian yang sudah dilakukan. Biasanya ada di sekolah atau universitas.
  • Poster film yaitu digunakan untuk mempromosikan film tertentu agar masyarakat menonton nya,
  • Poster wanted untuk mencari benda, orang, atau hewan yang hilang. Tak jarang juga digunakan oleh kepolisian untuk menangkap buronan.
  • Poster kelas yang bertujuan untuk memberikan motivasi atau arahan kepada siswa agar rajin belajar dan mengikuti proses pendidikan dengan baik.
  • Poster propaganda yang ditujukan kepada khalayak ramai agar mengikuti pendapat atau ide si pembuat hingga pada akhirnya membuat sebuah gerakan. Contohnya adalah poster ajakan demo.

Masih banyak lagi jenis lainnya yang bisa Anda temukan. Sekarang Anda sudah paham kan pengertian poster, ciri, fungsi, tujuan dan jenisnya? Selanjutnya jika Anda mendapatkan tugas untuk membuat poster maka kreasikan sebaik mungkin agar menarik perhatian, sehingga pesan bisa tersampaikan dengan baik.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *