7 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Terkenal Lezat

Sudah menjadi tradisi sejak dulu, kalau berwisata atau mengunjungi suatu daerah, oleh-oleh adalah hal yang wajib. Oleh-oleh ini sebagai cinderamata atau hadiah untuk kerabat, teman, keluarga dan orang terdekat. Hal tersebut karena setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing, Kota Lampung misalnya.

Saat berkunjung ke Kota Lampung ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibeli, mulai dari kopi, snack hingga makanan. Nah, jika kamu masih bingung untuk memilih oleh-oleh saat berwisata ke Malang, maka artikel ini cocok untukmu. Berikut 7 rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang terkenal akan kelezatannya.

1. Kopi Lampung

Kopi khas Lampung (foto: instagram.com/seputarkopilampung/)
Keunikan kopiKopi yang pekat dan aman untuk lambung
Cita rasa kopiPahit dan sedikit asam
Tempat beli kopiToko Kopi Bubuk Sinar Dunia Cap Bola Dunia
Harga oleh-olehRp7.000-Rp86.000

Lampung menjadi salah satu daerah penghasil kopi yang terkenal enak. Kopi Lampung ini memiliki cita rasa yang khas, perpaduan rasa pahit dan sedikit asam yang membaur jadi satu. Saat diseduh, kopi Lampung akan berwarna hitam pekat. Untuk kamu yang mempunyai masalah lambung, jangan khawatir karena kopi ini aman dikonsumsi berkat kadar keasamannya yang rendah.

Kandungan lain yang terdapat di dalam kopi Lampung adalah kafeinnya yang tinggi. Sehingga, bisa mengusir rasa kantuk. Salah satu tempat untuk membeli oleh-oleh kopi yang terkenal di Lampung adalah “Kopi Bubuk Sinar Dunia Cap Bola Dunia”. Toko tersebut masuk dalam list tempat oleh-oleh legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1911. Ada berbagai macam jenis kopi bubuk yang dijual di toko ini, mulai dari Robusta, kopi hitam, dan lain-lain.

Tak hanya kopinya saja yang terkenal enak, tetapi juga tempat yang bersih dan rapi. Pemilik serta petugas yang melayani para pelanggan juga ramah dan melayani dengan baik.

2. Engkak

Engkak khas Lampung (foto: instagram.com/dnsproject.photography/)
Keunikan makananTekstur makanan yang lembut dan basah seperti kue lapis, aroma yang wangi dan sedap
Cita rasa makananGurih dan legit
Tempat beli makananKin’s Legit Lampung
Harga makananRp150.000

Suka makanan manis dan sedang berwisata ke Lampung? Engkak jawabannya. Kue khas Lampung satu ini sangat bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga karena tahan lama sampai berbulan-bulan. Engkak terbuat dari campuran ketan putih, telur, mentega, gula pasir, dan santan. Jika ingin mendapatkan aroma yang lebih wangi, bisa ditambahkan daun pandan dan vanili bubuk.

Semua bahan yang sudah tersedia dicampur menjadi satu lalu dipanggang dalam api sedang. Untuk membuat satu Engkak dibutuhkan waktu memanggang sekitar 4 jam. Ketelitian dan kesabaran adalah kunci untuk membuat Engkak yang nikmat. Proses “pelapisan” dilakukan sedikit demi sedikit agar nantinya lapisan terlihat sama dan indah saat dipotong.

Jika dilihat sekilas, Engkak mirip seperti kue lapis. Hanya saja, yang membedakannya adalah teksturnya agak basah, juicy dan rasa yang lebih legit. Kue Engkak ini sangat nikmat dinikmati setelah dingin. Bisa dijadikan sebagai sajian saat ada acara adat, sajian tamu, serta sebagai teman sarapan bersama kopi atau teh hangat.

3. Sambal Lampung

Sambal khas Lampung (foto: instagram.com/dapur_nusantara22/)
Keunikan sambalSambal berbagai rasa dan varian khas tradisional Lampung
Cita rasa sambalPedas, asin dan gurih
Tempat beli sambalAneka Sari Rasa: Oleh-oleh Khas Lampung
Harga sambalRp25.000 hingga Rp40.000 per 300 gram

Makanan khas Indonesia satu ini memang tidak bisa dipisahkan dari berbagai jenis kuliner Indonesia. Kurang lengkap rasanya kalau makan tidak dengan sambal. Nah, jika ke Lampung, ada banyak sekali pilihan sambal yang bisa kamu beli. Mulai dari sambal seruit, sambal cuka, sambal ijo, sambal udang, sambal terasi hingga sambal ikan peda.

Meski terdiri dari bahan-bahan dasar yang sama, yaitu cabai, garam, dan bawang, cita rasanya tetap khas. Pedas berpadu dengan gurih dan asin akan membuat makan bertambah nikmat.

Jika ingin membeli berbagai macam jenis sambal untuk oleh-oleh, kamu bisa mengunjungi Aneka Sari Rasa: Oleh-oleh Khas Lampung. Berada di Telukbetung Selatan, per botolnya bisa dibanderol dengan harga Rp25.000 hingga Rp40.000 per 300 gram. Yuk, para pencinta pedas, merapat!

4. Pie Pisang

Pie Pisang khas Lampung (foto: instagram.com/bolenpisanglampung/)
Keunikan makananTekstur yang crunchy dan garing di luar, tapi lembut di dalam
Cita rasa makananManis, aneka rasa dan gurih
Tempat beli makananPie Yussy Akmal Bakery
Harga makananRp5.000 –Rp8.000 per buah

Terkenal dengan daerah penghasil pisang, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencoba jajanan khas Lampung satu ini, yaitu Pie Pisang. Olahan pisang ini mempunyai tekstur yang crunchy di luar dan lembut di dalam. Ada berbagai isian rasa yang bisa kamu coba. Mulai dari orisinal, matcha, oreo, keju, susu, hingga kacang almond.

Pie Pisang ini sangat cocok untuk oleh-oleh, karena bisa disimpan 4-5 hari di suhu normal. Jika dimasukkan ke dalam lemari pendingin bisa bertahan sampai satu minggu. Satu kotak terdiri dari 5 bungkus pie, dengan berbagai varian rasa (bisa request).  Untuk pie ukuran kecil dijual seharga Rp5.000, sedangkan pie ukuran lebih besar seharga Rp.8000.

Salah satu tempat membeli pie yang terkenal di Lampung adalah “Pie Yussy Akmal Bakery” yang berlokasi di Jl. Raya Zainal Abidin Pagar Alam, Kota Bandar Lampung. Toko berbagai jajanan khas Lampung ini buka start jam 07.00 WIB dan tutup jam 21.00 WIB. Bila ingin dikemas lebih premium, kamu bisa membeli versi hampers.

5. Dodol Pandan

Dodol Pandan, Lampung (foto: instagram.com/oleholehkhaslampung.id/)
Keunikan makananUkuran dodol yang lebih besar 2-3 kali lipat dari dodol pada umumnya
Cita rasa makananLegit, gurih serta terasa aroma pandannya
Tempat beli makananDodol Pandan Ny. Wie
Harga makananRp20.000 per 150 gram

Tak hanya Garut saja yang punya dodol khas daerah, Lampung pun mempunyai jajanan dodol pandan yang dikenal wisatawan sebagai oleh-oleh wajib. Penemu resep ini adalah Nyonya Wie. Seperti dodol pada umumnya, makanan ini dibuat dengan tepung ketan, santan, dan daun pandan yang sudah dihaluskan. Untuk mendapatkan dodol yang empuk, aroma wangi dan tidak lengket, proses mengaduknya harus dalam waktu yang lama, 1-2 jam.

Jika ingin membawa dodol sebagai oleh-oleh, kamu bisa membeli dodol dengan rasa yang authentic di Pusat oleh-oleh “Dodol Pandan Ny. Wie” yang berada di Jl. Nila Raya, Kota Bandar Lampung. Salah satu keunikan dari dodol Ny. Wie ini adalah ukurannya yang lebih besar 2 atau 3 kali lipat dari dodol biasa. Nah, penasaran dan ingin mencoba gak nih?

6. Keripik Pisang Khas Lampung

Keripik Pisang Khas Lampung (foto: instagram.com/bobanana.crunch/)
Keunikan makananUkuran keripik yang tebal tapi tetap garing
Cita rasa makananManis dengan berbagai varian rasa
Tempat beli makananHai-Toms Pusat Oleh-Oleh Asli Lampung
Harga makananRp15.000 per 250 gram

Setelah seharian rekreasi ke berbagai pantai terbaik di Lampung, tentu kamu ingin juga membeli oleh-oleh khas Lampung, dong? Hai-Toms Pusat Oleh-Oleh Asli Lampung bisa jadi pilihan terbaik.

Oleh-oleh wajib yang harus dibeli bila berwisata ke Lampung adalah keripik pisang. Berbeda dari olahan keripik yang biasanya diiris tipis, keripik khas Lampung lebih tebal tetapi garing dan tidak keras saat digigit.

Keripik ini juga bisa dijumpai di berbagai pusat oleh-oleh. Salah satunya “Toko Keripik Askha Jaya” yang berlokasi di Jl. Pagar Alam, Kota Bandar Lampung. Ada berbagai varian rasa yang bisa ditemui di sini, mulai keripik orisinal, kopi, cokelat, keju susu, hingga jagung manis. Satu bungkus keripik ukuran 250 gram bisa dibanderol dengan harga Rp15.000.

Bila ingin berkunjung ke toko ini, usahakan untuk datang lebih pagi agar tidak kehabisan ya. Toko Askha Jaya ini buka mulai jam 07.00 dan terus ramai pengunjung sampai pukul 22.00. Akses toko mudah dijangkau karena berada di tempat yang strategis. Saat masuk ke dalam toko, tempatnya bersih, mempunyai parkiran yang luas. Para staf yang melayani juga sangat ramah, bintang lima deh untuk pelayanannya. Selain keripik pisang, ada banyak oleh-oleh lain yang bisa dibeli.

7. Manisan Buah Khas Lampung

Manisan Buah Khas Lampung (foto: instagram.com/oleholehlampung1/)
Keunikan makananTekstur manisan yang crunchy karena terbuat dari buah segar
Cita rasa makananManis, asam dan segar
Tempat beli makananToko Oleh-oleh Yeyen Lampung
Harga makananRp6.000,00–Rp27.000

Setelah seharian berwisata ke berbagai pantai terkenal di lampung, saatnya mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kami merekomendasikan manisan Lampung sebagai buah tangan. Manisan ini sudah melewati proses pengawetan yang lama dengan rendaman air gula. Sehingga manisan akan bertahan hingga 2 minggu terhitung dari masa pembuatan.

Ada berbagai manisan buah yang bisa kamu beli, seperti mangga, kedondong, salak, pepaya, dan banyak lagi. Salah satu toko manisan terlengkap di Lampung adalah “Toko Oleh-oleh Yeyen Lampung” yang terletak di Jalur Dua Jl. Sultan Agung No.28/1E, Way Halim Permai, Kota Bandar Lampung. Manisan Yeyen ini dibuat dari buah-buahan segar. Beberapa buah seperti mangga dan kedondong akan crunchy saat dimakan. Lokasi tempat oleh-oleh ini sangat strategis dan berada di pinggir jalan raya. Konsep toko juga tertata rapi dan bersih ala elite shop. Sayang, lahan parkir toko tidak terlalu luas, karena berada di kawasan ruko.

Nah, itulah daftar oleh-oleh yang bisa kamu coba saat berwisata ke Lampung. Jajanan di atas merupakan makanan-makanan yang direkomendasikan oleh warga lokal karena rasanya yang nikmat. Jika berwisata, pastikan kamu sudah membawa budget yang cukup ya, agar liburan semakin nikmat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *