6 Ide Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Terbaik

Memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi berbagai ruang fungsional lain saat ini sangat banyak dilakukan. Seperti diketahui, rumah dengan lantai atas tentu akan dilengkapi dengan tangga. Akhirnya, bagian di bawah tangga akan menyisakan ruang yang jika tidak dimanfaatkan akan menjadi ruang kosong tanpa fungsi.

Namun daripada dibiarkan kosong begitu saja, akan lebih baik jika ruang bawah tangga tersebut dimanfaatkan. Ada beberapa ide inspirasi bagaimana ruang bawah tangga bisa disulap menjadi bermacam-macam ruang fungsional lain. Sudah tahu apa saja idenya? Simak penjelasan di bawah ini ya!

6 Ide Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Ruang bawah tangga ternyata cukup luas untuk dijadikan lemari, dapur, taman, bahkan kamar. Pernahkah Anda membayangkan hal tersebut sebelumnya? Jika belum, maka berikut ini beberapa ide menyulap ruang bawah tangga menjadi lebih berfungsi yang sudah dilakukan oleh banyak orang sebelumnya.

  1. Lemari Buku
Sumber gambar : dekoruma.com

Ide pertama, manfaatkanlah ruang bawah tangga Anda untuk menjadi lemari buku. Tumpukan buku di rumah seringkali memakan ruang yang sangat besar dan membuat rumah terlihat sumpek juga. Namun berbeda jika Anda menyusunnya dalam lemari khusus buku.

Anda tidak perlu membeli lemari buku dengan harga selangit, cukup manfaatkan ruang bawah tangga dengan ditambahkan beberapa sekat, maka kini Anda memiliki lemari buku baru. Susunlah buku-buku Anda di sana dan rasakan kemudahan mencari buku-buku ketika dibutuhkan nantinya.

  1. Kamar Tidur
Sumber gambar : Dianoda.id

Walau area di bawah tangga seringkali tidak terlalu luas, namun ide memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi kamar tidur bisa Anda coba juga. Kamar tidur ukuran kasur single bisa diwujudkan di ruang bawah tangga ini. Anda bisa memanfaatkan area di bawah kasur sebagai lemari.

Sisa area di belakang ranjang bisa dijadikan rak, atau bahkan tempat menggantung lampu dan hiasan lainnya. Tidak kalah dengan ruang kamar tidur biasanya, ruang bawah tangga pun bisa Anda tambahkan pintu dan jendela untuk membuatnya semakin mirip seperti kamar tidur biasanya.

  1. Kamar Mandi
Sumber gambar : rumahhokie.com

Ide memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi kamar mandi sepertinya bukan ide yang asing lagi. Pemanfaatan ruang bawah tangga menjadi kamar mandi sepertinya adalah yang paling sering ditemukan. Ukuran ruang bawah tangga memang cocok sekali untuk kamar mandi dengan shower dan satu toilet.

Anda jadi bisa mendapatkan kamar mandi tambahan di rumah Anda, sehingga tidak perlu lagi antri ke kamar mandi seperti sebelumnya. Sangat bermanfaat dan sesuai kebutuhan banyak keluarga bukan?

  1. Taman dalam Rumah
Sumber gambar : polarumah.com

Pernahkah Anda merasa rumah kurang sejuk dan asri? Anda bisa mewujudkan kesejukan di dalam rumah dengan menciptakan taman. Taman di dalam rumah tidak harus membutuhkan area yang luas. Anda bahkan bisa memanfaatkan area di bawah tangga saja.

Area di bawah tangga dapat disulap menjadi taman dengan menempatkan pot-pot di sana. Anda bisa menempatkan baik pot lantai maupun pot gantung. Jenis tanamannya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jangan lupa tambahkan jendela untuk memastikan sinar matahari bisa didapatkan oleh tanaman.

  1. Ruang Kerja
Sumber gambar : blibli.com

Jika Anda membutuhkan ruang pribadi untuk bekerja, maka ide memanfaatkan ruang bawah tanah menjadi ruang kerja bisa Anda coba. Ide ini menempatkan meja dan kursi kerja di bawah tangga beserta kebutuhan kerja lain seperti lemari buku, lampu, printer, dan lain sebagainya. Akan lebih bagus lagi jika Anda membuat jendela di area bawah tangga tersebut, jadi sinar alami matahari bisa masuk ke ruang kerja And.

  1. Dapur Bersih
Sumber gambar : dekoruma.com

Terakhir, Anda juga dapat mencoba ide memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi dapur bersih. Tidak ada kegiatan memasak yang dilakukan di area ini. Hanya saja ada lemari peralatan dapur dan rak-rak untuk menyimpan makanan di sana.

Itulah tadi penjelasan mengenai 6 ide memanfaatkan ruang bawah tangga dengan maksimal. Jadi saat ini di rumah Anda tidak ada lagi ruang yang tidak digunakan. Semoga dengan ide ini, rumah Anda menjadi nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali. Bagi Anda yang mau mengetahui ide lain untuk memanfaat ruang bawah tangga Anda bisa mengunjungi site dijabodetabek.id. Selamat mencoba!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *