Kue Basah

Setiap kali pergi ke hajatan, mungkin kue basah akan jadi incaran pertama Anda.

Ya, meskipun ada banyak makanan lezat lain, namun makanan yang juga banyak dijumpai di pasar ini selalu jadi favorit kebanyakan orang.

Rasa yang khas dan bentuk yang begitu menggemaskan, membuat kue basah selalu berhasil membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera menyantap kudapan ini.

Nah, saat ini, kue basah ternyata tidak hanya terdiri dari makanan tradisional saja.

Namun, sudah ada banyak varian kue basah modern yang dikreasikan dengan berbagai bahan kekinian.

Contohnya seperti greentea atau matca, Nutella, keju dan masih banyak lainnya.

Macam Macam Kue Basah Tradisional

Meskipun sudah ada banyak varian makanan kekinian, namun eksistensi kue basah tradisional berikut ini seakan tidak pernah lekang oleh waktu.

1. Kue Dadar Gulung

Saat melihat kue berbentuk gulungan kecil berwarna hijau, pastinya Anda sudah bisa langsung menebak jika kudapan ini adalah dadar gulung.

Untuk varian klasik atau tradisionalnya, dadar gulung menggunakan kulit aroma pandan dan isian enten-enten atau parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa dan parutan nanas.

Tetapi, di pasaran saat ini juga sudah banyak dijumpai kue dadar gulung coklat dengan isian pisang, daging buah durian atau atau coklat keju.

2. Onde-Onde

Siapa nih yang dulu mengira jika wijen pada permukaan onde-onde ditempel satu persatu?

Ya, makanan berbahan dasar tepung ketang dengan isian selai kacang hijau, dan dibentuk bulat-bulat lalu digulingkan pada wijen ini juga masih banyak dijumpai di pasar.

Sama seperti dadar dulung, kue basah tradisional ini juga sudah banyak dikreasikan dengan berbagai isian menarik. Misalnya seperti selai kacang merah, coklat Nutella, dan lain sebagainya.

3. Kue Lumpur

Penggunaan nama lumpur diambil karena tekstur kue basah ini yang legit dan empuk seperti lumpur.

Sementara untuk bahan utamanya sendiri menggunakan labu kuning atau kentang, tepung terigu, dan santan.

Biasanya, kue lumpur juga akan diberi topping kismis atau keju parut.

4. Kue Nagasari

Rindu dengan jajanan pasar satu ini? Sayangnya, kue yang biasa dibungkus dengan daun pisang atau daun jati ini sudah cukup jarang ditemui.

Kue nagasari sendiri terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan santan, gula dan sedikit garam hingga mengental.

Proses selanjutnya kemudian dibungkus dengan daun pisang. Tak lupa bagian isinya diberi potongan pisang. Terakhir, kue dikukus dan siap dijajakkan.

5. Serabi Solo

Sebenarnya, ada begitu banyak varian serabi di Indonesia. Tapi, yang paling banyak dijumpai diantaranya adalah serabi Solo dan serabi Bandung.

Keduanya memiliki perbedaan pada tekstur dan bentuk.

Serabi Solo sendiri cenderung lebih empuk karena adonan dasarnya yang lebih encer.

Pada bagian tepi serabi juga dibuat semacam kulit krispi yang menjadi ciri khas serabi Solo.

6. Bolu Kukus

Bolu kukus termasuk jajanan pasar yang masih eksis hingga kini.

Snack ini jika dikonsumsi memang cukup mengenyangkan. Sehingga, banyak orang menjadikannya sebagai camilan di berbagai acara.

Umumnya bolu kukus dibuat dengan rasa pandan atau gula merah.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, pejalari dulu resep bolu kukus ini. Ada tips agar hasilnya menjadi mekar dan cita rasanya enak.

Biasanya, yang gagal itu bolu kukus berbentuk bantet.

Macam Macam Kue Basah Modern & Kekinian

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika saat ini masyarakat mulai banyak mengkreasikan kue-kue basah dengan bahan kekinian yang membuatnya terlihat lebih modern.

Apa sajakah itu? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Puding Cake Cendol

Ya, puding cake cendol merupakan paduan dari kue sponge pada bagian bawah, puding gula jawa dan pudding susu dengan tambahan cendol di bagian paling atas.

Tampilannya pun sangat menarik dengan tiga layer. Untuk rasanya sendiri, manis lembut dan segar dari puding susu cendolnya.

2. Bolu Gulung

Ini dia kue basah yang bisa ditemui hampir di setiap acara besar, bolu gulung.

Base yang digunakan sebenarnya berupa sponge cake biasanya. Hanya saja dibuat pada loyang tipis, kemudian diolesi selai pada permukaannya dan digulung.

Isian bolu gulung pun sudah semakin variatif. Mulai dari selai strawberry, blueberry, krim vanila, messes, Nutella, keju dan lain sebagainya.

3. Donat

Ya, bisa dibilang makanan ini bisa termasuk jajanan tradisional dan modern sekaligus. Tergantung bagaimana kita menyajikannya.

Selain itu, donat juga menjadi salah satu kue basah yang bisa menyasar semua kalangan. Mulai dari kalangan rumahan hingga kelas tinggi dengan harga yang mahal.

Semua tergantung dengan bahan dan jenis topping yang digunakan.

Beberapa bahan penting dalam donat ialah tepung, susu, ragi dan baking powder. Sisanya bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

4. Roll Cake

Siapa sih yang tidak mau saat ditawari roll cake dengan isian abon sapi? Pasti tidak ada yang menolak kue yang lembut dan enak ini.

Anda hanya memerlukan bahan seperti gula pasir, kuning telur, emulsifier, tepung maizena dan terigu serta susu bubuk. Isiannya bisa menggunakan abon sapi dan mayonaise.

Bahan utama dimixer terlebih dahulu hingga kental dan mengembang. Lanjut ditambahkan dengan margarin leleh yang sudah dingin.

Masukkan adona ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan baking paper. Panggang menggunakan oven selama 20 menit di suhu 200 derajat.

Selain 10 varian kue basah di atas, masih ada puluhan bahkan ratusan jenis kue basah lain yang bisa Anda coba masak sendiri atau beli di luaran sana.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *