Jenis Material untuk Pintu Rumah

Pintu merupakan komponen penting pada desain rumah yang perlu diperhatikan dengan baik bahan dasar yang digunakan. Selain berfungsi sebagai pengaman bangunan rumah, pintu juga menunjukkan karakter dari suatu ruangan bangunan. Apa saja jenis material untuk pintu rumah yang berkualitas?

Ada banyak sekali jenis material bahan pintu rumah yang berkualitas baik dan tahan lama. Sebagai perantara antar ruang lainnya, pintu dengan bahan dan desain berkualitas akan menambah nilai interior rumah. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui beragam material pintu rumah terbaik.

Beragam Jenis Material untuk Pintu Rumah yang Paling Banyak Dipilih

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bahan pintu utama yaitu dari segi ketahanan terhadap kondisi cuaca, segi kekuatan, anti rayap, dan desainnya. Selain itu, ukuran standart pintu juga penting diketahui untuk menambah efektifitas pintu dan juga ruangan rumah.

  • Pintu Dari Material Kayu

Salah satu jenis material untuk pintu rumah yang banyak digunakan yaitu kayu. Pintu kayu cocok digunakan dalam berbagai ruangan. Material kayu terkenal lebih natural, materialnya mudah ditemukan, dan bisa dirancang dengan proses finishing yang lebih estetik dan modern.

  • Pintu Panel

Pintu yang terbuat dari bahan dasar komponen panel kayu, seperti blockboard, MDF, dan sebagainya dinilai lebih terjangkau dengan desain yang fleksibel. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang menyukainya untuk dipasang pada rumah tipe lama.

Menariknya lagi, pintu panel bisa dikombinasikan dengan material kaca dengan desain frame. Rumah yang memiliki pintu utama dari panel memang terkesan luas, elegan, dan menyimpan unsur klasik zaman dulu.

  • Pintu Kaca

Desain pintu yang terbuat dari material kaca memang banyak digunakan pada ruangan tengah menuju ke ruang outdoor. Pintu dengan material kaca terkenal memiliki durabilitas dan tingkat privasi yang rendah, oleh sebab itu sering ditambahkan dengan tirai otomatis atau roller blind.

  • Pintu Baja

Baja merupakan jenis material untuk pintu rumah yang tentunya kuat dan tahan lama. Selain cepat dalam pembuatan dan pemasangannya, pintu baja juga aman, anti rayap dengan desain menarik. Pintu baja dengan desain menonjol juga akan menghadirkan kesan yang lebih menarik.

  • Pintu Fiberglass

Sudah pernah menemui pintu fiberglass? Material fiberglass berupa kaca anyaman yang kuat, ringan, dan aman. Pintu fiberglass terkenal memiliki tingkat insulasi tinggi, sehingga tidak mudah melengkung walau sering menghadapi cuaca ekstrim.

Pintu fiberglass biasanya dipadukan dengan panel kayu untuk menambah nilai estetiknya. Walaupun terkenal mahal, namun material fiberglass sebagai pintu utama sangat diminati dan bisa memperindah tampilan interior dan eksterior bangunan rumah.

Masih banyak jenis material untuk pintu rumah yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera masyarakat. Jika berbicara mengenai tingkat kekuatan, ketahanan, dan desain sebuah pintu tentu akan mempengaruhi budget yang perlu dikeluarkan. Untuk inspirasi model dan desainnya, bisa cek selengkapnya di website desainterbaik.com ya!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *