Cara Memperbaiki HP Android Mati Total

HP rusak bukanlah hal yang langka dan jarang ditemui, sebagian orang yang menggunakan Hp pasti pernah mengalami kondisi dimana hp yang mereka pakai itu rusak. Mungkin kalian juga pernah mengalami hp yang kalian miliki rusak? Terutama di zaman teknologi yang canggih.

Sekarang sebagian besar orang-orang memakai Android. Kerusakan yang mungkin terjadi pada Andorid sangatlah banyak dan bervariasi. Mulai dari rusak yang ringan dan bisa dengan mudah diperbaiki sampai dengan rusak yang parah seperti mati total dan tidak bisa dihidupkan sama sekali.

Baca Juga: Cara Reset Windows 10.

Pada saat hp android kalian mati total dan tidak bisa dihidupkan kembali apa yang kalian lakukan? Tentu sebagian besar orang akan merasa bingung saat hp mereka matot. Karena memang untuk memperbaiki hp yang mati total tidaklah mudah dan sulit. Karena kita hpnya sendiri tidak mau hidup.

Ada 4 jenis masalah HP mati total atau matot, yaitu:

  • HP mati dan tidak ada getar
  • HP mati namun ketika dinyalakan masih bergetar
  • HP tidak bisa hidup dan tidak merespon pada saat di charge
  • HP dinyalakan cuma bergetar namun masih bisa masuk recovery

 

Penyebab HP Mati Total

Hp yang mati total biasanya disebabkan karena beberapa faktor seperti terbanting dengan keras, jatuh ke air dan sebagainya. Cara memperbaiki hp matot itu rumit karena bisa saja yang rusak adalah hardwarenya, jadi supaya bisa kembali normal kalian harus mengganti hardware yang rusak tersebut.

Jika hardware yang rusak, maka hal yang paling tidak diinginkan adalah hp menjadi mati totial atau sering disebut dengan istilah matot. Jika hp sudah matot, maka akan repot cara memperbaikinya dan kemungkinan penyebab hal tersebut bisa terjadi juga sangat banyak.

Penyebab hp menjadi matot yang paling banyak adalah karena instal aplikasi dan terjadi kerusakan sistem yang tidak bisa diperbaiki sendiri. Cara memperbaiki hp android yang sendiri bisa dengan melakukan flash ulang.

Namun jika sudah parah dan tidak berhasil saat di flash berkali-kali, kalia bisa membawanya ke counter atau tukang service hp. Namun sebelum itu kalian bisa menggunakan cara berikut ini untuk mengatasi HP yang mati total khusus untuk android.

Secara umum kerusakan HP mati total ini bisa disebabkan masalah sistem dan komponen, diantarnya adalah karena:

  • Bug Sistem (sistem yang tidak stabil bisa membuat hp menjadi tidak mau hidup dan hanya bergetar saja saat dinyalakan).
  • Umur HP sudah tua, biasanya hp yang sudah berumur atau sudah dipakai selama lebih dari 2 tahun rawan rusak dan mati total.
  • Baterai HP Habis.
  • Baterai HP yang rusak.
  • HP sering panas saat digunakan.
  • Konektor baterai yang rusak.
  • IC power hp rusak.
  • Salah menggunakan charger.
  • Terkena air atau jatuh.

 

 

Apakah HP Matot bisa Diperbaiki Sendiri?

Bagi kalian yang belum tahu dan tidak paham soal HP tentu akan bertanya-tanya apakah HP mati total bisa diperbaiki? Jawabannya adalah bisa, namun hasilnya itu agak untung-untungan alias tidak pasti berhasil diperbaiki.

Alasannya seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa penyebab mati total ada dua, yaitu dari sistemnya dan dari komponennya. Jika rusak dari komponennya, kadang yang rusak tersebut harus diganti. Dan tentu disini kita harus membawanya ke tempat service hp.

Namun apakah harus ke tempat service HP? Tidak juga, karena tidak 100% juga HP yang mati total itu karena komponen yang rusak. Bisa juga karena sistemnya yang bermasalah. Nah, jika yang rusak adalah sistemnya, kalian bisa coba perbaiki dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

 

Cara Mengatasi Android Matot

Berikut ini adalah beberapa cara atau tips yang bisa coba kalian lakukan untuk mengatasi hp yang mati total. Meskipun tidak pasti berhasil, namun siapa tahu cara berikut ini cukup efektif dan kalian beruntung sehingga hp bisa hidup kembali.

 

Charger HP Terlebih Dahulu

Jika kalian merasa bahwa sebelumnya HP kalian baik-baik saja, namun tiba-tiba tidak bisa menyala, bisa jadi karena baterai HP kalian habis. HP yang mati total tidak selalu karena ada kerusakan pada komponen dan sistemnya.

Bisa juga karena masalah sepele seperti baterai habis dan tanpa kita sadari tidak di cas bisa menyebabkan HP mati total dan tidak bisa dihidupkan. Untuk masalah ini, cara mengatasinya adalah cas HP kalian terlebih dahulu dengan benar.

Silahkan tunggu beberapa jam sampai baterai HP benar-benar sudah terisi penuh, setelah itu silahkan coba nyalakan kembali. Jika memang baterai cuma habis saja maka masalah ini bisa teratasi dengan cas HP tersebut.

 

Memakai Charger Dekstop

Tentu kalian pernah mendengar atau bahkan pernah menggunakan yang namanya charger dekstop kan? Charger dekstop adalah charger yang dibuat khusus untuk mengecas baterai di luar casing hp, jadi kalian bisa mengeces baterai hp tersebut tanpa berada di dalam hp.

Dengan menggunakan charger dekstop ini kemungkinan bisa menjadi solusi untuk kalian yang sedang mengalami masalah HP yang mati total. Dan pada saat itu ketika di cas tidak merespon sama sekali atau tidak muncul gambar baterai yang sedang di cas.

Cara menggunakannya silahkan buka casing HP kalian, kemudian lepas baterainya dan pasang di charger dekstop untuk mulai mengecas. Silahkan tunggu sampai baterai tersebut terisi penuh dan silahkan coba pasangkan kembali ke HP. Maka setelah itu HP kalian akan kembali hidup seperti semula.

 

 

 

Pergi ke Tempat Service

Cara selanjutnya yang bisa kalian gunakan jika sudah menggunakan 6 cara sebelumnya namun tidak berhasil, kalian terpaksa harus membawanya ke tempat service untuk diperbaiki. Karena jika kerusakan terjadi pada komponennya maka enam cara sebelumnya tidak efektif.

Terutama untuk kerusakan yang sangat parah seperti IC Power rusak. IC Power ini adalah komponen yang fungsinya menghantarkan daya dari baterai ke komponen HP. Jadi jika rusak HP tidak akan bisa merespon sama sekali.

Tujuan di bawa ke service center adalah untuk di cek apakah IC powernya rusak atau tidak. Jika rusak maka kalian bisa langsung menggantinya di sana (biasanya memerlukan waktu 1-2 hari). Untuk biaya menggantinya sendiri bervariasi, kurang lebih sekitar 200rb an.

Namun jika HP kalian masih ada garansinya maka bisa gratis. Namun selain dari IC Power, bisa juga komponen lain yang bermasalah. Biaya perbaikan ini biasanya mahal, terlebih lagi untuk HP Android canggih seperti sekarang.

 

Keringkan dan Bersihkan HP jika Mati Terkena Air

Banyak pengguna Android yang HPnya mati total karena terkena atau jatuh ke air. Penyebab kenapa HP mati adalah karena masih ada air yang tertinggal dalam HP atau terjadi konslet pada komponen HP. Cara hal ini adalah dengan mengeringkan HP dan bersihkan hp.

Kalian bisa mengeringkan dan membersihkan kain memakai kain di body HP. Kemudian setelah itu coba masukkan ke dalam beras dan tunggu 2-3 hari. Cara ini kadang terbukti ampuh untuk mengatasi HP matot yang terkena air.

Demikianlah tutorial dan tips yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian tentang cara memperbaiki HP yang mati total. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan bisa membantu kalian memperbaiki HP kalian yang rusak karena masalah sistem dan terkena air.

Sekian apa yang bisa kami sampaikan, jika ada kesalahan kata dan informasi yang kurang tepat mohon dimaafkan. Jika kalian masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah. Terima kasih.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *