Cara Membedakan Shockbreaker Honda Asli dan Palsu

Sebagai alat transportasi yang digunakan secara terus-menerus, komponen-komponen pada motor Honda khususnya shockbreaker motor kamu akan mengalami keausan dan menuntut untuk segera diganti.

Namun sayangnya, hal ini turut dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang menjual produk-produk spare-part Honda yang palsu atau rekondisi.

Lalu adakah cara untuk mengetahui spare-part motor Honda itu asli atau palsu? Melalui artikel ini saya akan mengulas cara membedakan shockbreaker Honda Asli atau Palsu agar tidak tertipu saat melakukan penggantian di bengkel.

Cara Membedakan Shockbreaker Honda Asli dan Palsu

Pemeriksaan Fisik

Shockbreaker Honda yang asli memiliki ciri fisik yang dapat diamati secara visual.

Pemeriksaan fisik yang pertama yang dapat kamu amati titik las pada bagian atas dan bawah shockbreaker, kenali terlebih dahulu shockbreaker asli bawaan motor kamu untuk melihat posisi titik las. Shock asli Honda memiliki titik las yang halus dan tidak ada bekas gerinda

Jika kamu membeli shockbreaker dengan kemasan produk asli Honda, namun mendapati bekas gerinda pada titik las, besar kemungkinan hal tersebut merupakan produk rekondisi.

Pemeriksaan fisik yang kedua untuk menentukan shockbreaker Honda asli atau palsu adalah dengan memperhatikan batang tengah shock. Produk yang asli memiliki batang tengah yang presisi tepat ditengah ulir shock, sedangkan produk palsu atau rekondisi umumnya tidak presisi dan condong ke satu sisi.

Selain itu, perhatikan batang tengah apakah terdapat goresan bekas penggunaan. Jika terdapat goresan halus, berarti shockbreaker terus telah mengalami rekondisi.

Selanjutnya perhatikan lubang baut shockbreaker, jika terdapat luka atau goresan pada bagian ini menandakan bahwa shockbreaker tersebut pernah digunakan sebelumnya. Namun, beberapa penjual yang nakal umumnya menutupi bekas pemakaian ini dengan dempul dan mengecat ulang.

Untuk mengatasi hal ini kamu dapat mengorek-orek bagian lubang baut dengan kunci, jika spare-part asli hal tersebut tidak akan membuat lecet pada lubang baut.

Pemeriksaan fisik terakhir untuk mengetahui shockbreaker Honda asli adalah dengan melihat label-label khusus yang disertakan pabrikan. Umumnya pada spare-part Honda terdapat beberapa label seperti AHM Made In Indonesia, Standard Nasional Indonesia dan Showa.

Pemeriksaan Harga

Hal lainnya untuk menentukan spare-part Honda itu imitasi atau asli adalah melakukan pengecekan Harga. Saat ini di toko online banyak oknum menawarkan spare-part, khusus shockbreaker yang diklaim asli namun dijual di bawah harga pasaran.

Sebelum membeli spare-part di toko online, ada baiknya kamu melakukan survey harga terlebih dahulu di situs AHM untuk melihat harga resmi yang ditawarkan.

Demikian ulasan kami mengenai cara membedakan shockbreaker Honda asli atau palsu, semoga artikel yang kami sajikan memberikan kamu pengetahuan baru untuk mengenali spare-part original untuk motor kamu.

Sampai jumpa pada artikel-artikel kami tentang otomotif selanjutnya.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *