Bekal Makanan Pendaki Gunung

Kebanyakan dari pendaki pemula ingin menghemat budget dengan membeli mie instant sebagai persediaan logistik pendakian. Memang tidak salah, tapi nilai gizi dan kalori mie instant tidak cukup untuk kebutuhan tubuhmu. Agar pendakianmu lancar, kamu perlu asupan gizi yang mencukupi. Dengan makan makanan bergizi, tubuh akan lebih bertenaga saat mendaki dan saat turun gunung. Alhasil, kamu akan tetap fokus selama perjalanan sehingga resiko kecelakaan di gunung lebih rendah.

Kami akan membagikan beberapa makanan alternatif selain mie instant yang dapat kamu jadikan bekal saat pendakian. Makanan alternatif ini lebih bergizi tinggi dan enak saat dimakan di atas gunung. Berikut 5 bekal makanan pendaki gunung yang memiliki gizi tinggi, semua informasi ini kami lansir dari laman napaktilas.net.

  1. Oatmeal.
  2. Sosis.
  3. Daging.
  4. Beras + telur + tempe + sambal.
  5. Roti gandum.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan menu makanan dari berbagai makanan alternatif di atas. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai selesai.

1. Sosis

Sosis termasuk bekal makanan yang praktis untuk pendaki gunung. Selain bisa langsung dimakan, sosis juga memiliki gizi yang lengkap. Berikut ini informasi gizi dari sosis, ukuran porsi 1 ikatan (panjang 2 x 10 cm).

KaloriLemakKarbohidratProtein
492,83g0,43g5,05

Saat ini ada 2 jenis produk sosis di pasaran, yaitu:

  • Sosis basah. Sosis basah adalah sosis yang disimpan di dalam kemasan kaleng. Biasanya ada kuah yang merendam sosis, sehingga sosis terasa lebih nikmat. Contoh produk sosis basah adalah Pronas Sausage Beef.
  • Sosis kering. Sosis kering adalah sosis dalam kemasan plastik lonjong yang diikat pada setiap ujungnya seperti permen. Contoh produk sosis kering adalah sosis So Nice siap makan dan sosis Kimbo.

Terserah kamu mau bawa yang mana, semua sama enaknya.

Berikut ini beberapa menu masakan dari bekal sosis untuk menu makanan pendaki saat di gunung:

1. Resep sosis kentang mentega.

  • Pertama, kupas 3-4 kentang ukuran sedang. Potong seukuran dadu dan rebus sampai matang. Kemudian, tiriskan.
  • Kedua, panaskan 2 sendok teh margarin + 1 siung bawang putih cincang di nesting. Selanjutnya, masukkan kentang dan tumis bersama margarin.
  • Ketiga, tambahkan daun seledri yang sudah di cincang halus. Setelah itu, seasoning dengan garam dan merica secukupnya. Untuk pengganti seledri, kamu bisa pakai sayuran kering atau rumput laut kering.
  • Keempat, siapkan 6 sosis So Nice, potong kecil-kecil seukuran dadu (4cm). Kemudian, tumis dengan mentega sampai matang. Jika kamu ingin kalori lebih banyak, tambahkan dua telor ceplok goreng.
  • Terakhir, sajikan di atas piring dalam keadaan hangat.

Nilai gizi masakan adalah 500 kalori. Jika kamu butuh kalori lebih banyak, kamu bisa memasak dengan porsi yang lebih besar atau menambahkan 2 telur ceplok.

2. Resep sosis kentang rebus:

  • Pertama, kupas 3-4 kentang ukuran sedang. Potong seukuran dadu dan rendam di air agar tidak berubah jadi cokelat.
  • Kedua, buka 1 kaleng besar sosis basah Pronas Sausage Beef (325g). Tuang ke dalam nesting dan panaskan dengan api sedang.
  • Ketiga, masukkan kentang yang sudah di rendam air. Tambahkan garam dan merica sebagai perasa. Jika ingin rasa gurih yang nikmat, kamu bisa tambahkan kecap Inggris satu sendok teh.
  • Keempat, masak hingga sosis dan kentang matang.
  • Terakhir, sajikan dalam keadaan hangat.

Nilai gizi masakan adalah 560 kalori. Jika kamu ingin kalori lebih banyak, kamu dapat memasak 2 kaleng sosis Pronas + 6 kentang sekaligus.

2. Daging

Kita semua tahu bahwa daging adalah sumber protein berkualitas yang memiliki nilai gizi tinggi. Maka dari itu, daging sangat cocok untuk kamu jadikan bekal makanan mendaki gunung. Saat ini, di pasaran sudah ada berbagai daging kemasan, misalnya:

  • Daging sapi segar tanpa lemak. 100g = 250 kalori.
  • Daging ayam filled. 100g = 239 kalori.
  • Nugget daging ayam. 100g =296 kalori.

Tidak semua pendaki dapat masak ayam dengan baik. Tapi, kami akan berbagi resep mudah untuk memasak ayam enak di atas gunung.

1. Resep daging ayam filled lada hitam

  • Pertama, potong 500g daging ayam filled sampai menyerupai dadu 5cm. Rebus daging ayam sampai matang. Setelah itu, tiriskan.
  • Kedua, panaskan margarin ke nesting penggorengan. Masukan irisan 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah. Tumis hingga harum.
  • Ketiga, masukkan daging ayam yang telah di potong kecil-kecil ke nesting. Tumis hingga daging ayam berwarna agak kecoklatan.
  • Keempat, masukkan bumbu instant lada hitam Pronas ke nesting, siramkan ke daging ayam. Aduk-aduk sampai semua bumbu tercampur merata. Terus masak sampai saus lada hitam mengental. Kamu boleh menambahkan sedikit garam dan lada untuk lebih menguatkan rasa.
  • Terakhir, sajikan dalam keadaan hangat.

Nilai gizi masakan adalah 1.200 kalori. Jika kamu butuh kalori lebih banyak, kamu bisa memasak nasi liwet dan menggunakan daging ayam filled lada hitam sebagai lauk.

2. Resep nugget goreng saus mayo

  • Pertama, panaskan minyak goreng agak banyak, sampai ketinggian 7-10cm. Tujuannya agar nugget dapat terendam minyak. Dengan begitu, hasil penggorengannya sempurna.
  • Kedua, goreng 500g nugget Fiesta atau So Nice sampai keemasan.
  • Ketiga, tiriskan nugget yang sudah matang.
  • Keempat, sajikan dipiring dan tuangkan mayonaise Maestro sebagai cocolan.
  • Terbaik, nugget siap dihidangkan.

Nilai gizi masakan adalah 1.500 kalori. Jika kamu butuh kalori lebih banyak, kamu bisa makan nasi dengan lauk nugget.

3. BTS (Beras, telur, tempe, sambal)

BTS adalah singkatan dari beras, telur, tempe, sambal. Ini adalah menu sejuta umat pendaki. Di mana, untuk memasak menu ini kamu hanya membutuhkan budget relatif murah.

Bahan:

  1. Beras.
  2. Telur ayam.
  3. Tempe.
  4. Sambal terasi sachet ABC.

Cara masak:

  • Pertama, kamu cuci beras sampai bersih. Selanjutnya, masak beras sampai menjadi nasi yang enak dan pulen.
  • Kedua, sambil menunggu nasi matang, buat bumbu untuk merendam tempe. Kamu butuh 3 siung bawang putih, garam 1 sdt, ketumbar ½ sdt, Masako ayam secukupnya, 3 cm kunyit, air secukupnya. Hancurkan semua bumbu sampai lembut.
  • Ketiga, iris tempe tipis-tipis dan rendam ke dalam bumbu yang sudah disiapkan. Selanjutnya, goreng sampai matang dan tempe berwarna keemasan.
  • Keempat, setelah semua tempe tergoreng, sisakan sedikit minyak di nesting. Selanjutnya, ceplok 2 telur di atas nesting. Pastikan atur api kompor dalam kondisi sedang. Aduk-aduk telur perlahan untuk membuat telur orak-arik.
  • Terakhir, siapkan nasi yang sudah matang di mangkuk dan taruh telur orak-arik diatasnya. Selanjutnya, taburkan garam dan merica secukupnya sebagai seasoning. Letakkan tempe dan sambal terasi ABC pada piring terpisah. Dan sajikan dalam keadaan hangat.

Nilai gizi masakan adalah 1.300 kalori. Jika kamu butuh kalori lebih banyak, kamu bisa makan lebih banyak nasi atau lebih banyak tempe.

4. Roti gandum

Bekal makanan pendaki gunung dari nomor 1-3 perlu sedikit keterampilan memasak. Bagi sebagian orang, semua hal tersebut terlalu ribet. Adakah alternatif makanan bergizi lainnya? Jawaban singkatnya adalah ada. Kamu dapat makan roti gandum utuh dengan selai atau madu.

Tahukah kamu, 100g roti gandum utuh mengandung 247 kalori? Jika kamu dapat mengkombinasikan dengan benar, kamu bisa mendapatkan 1.500 kalori hanya dengan memakan roti.

Resep roti gandum yang kami rekomendasikan:

  • Roti gandum utuh.
  • Selai kacang.
  • Madu.
  • Minuman sereal, seperti: Energen, susu panas + oatmeal, dll.

Intinya, kamu olehkan selai kacang dan madu di roti gandum. Setelah itu, kamu makan secara perlahan. Untuk minumnya, kamu buat minuman yang berkalori tinggi, seperti: Energen + susu cokelat bubuk/oatmeal. Dengan kombinasi tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak kalori dari makanan bergizi tinggi.

5. Oatmeal

Bekal makanan pendaki gunung yang bergizi tinggi selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal (Havermut) adalah makanan sehat yang mengandung banyak serat alami. Oatmeal berasal dari tanaman sejenis gandum yang bernama oat. Tanaman ini banyak tumbuh di Asia. Jika kamu ingin membawa bekal oatmeal, kami merekomendasikan untuk membeli Quaker Oats. Oatmeal merek Quaker Oats ini sudah teruji lintas generasi, sehingga komposisi, nilai gizi dan kualitasnya sangat terjaga.

Ada dua jenis Quaker Oats:

  • Pertama, Quaker Oats warna merah. Oatmeal ini bisa langsung disedu dengan air panas.
  • Kedua, Quaker Oats warna biru. Oatmeal ini perlu dimasak terlebih dahulu selama 4 menit.

Jika kamu ingin yang praktis, pilih saja Quaker Oats warna merah. Untuk harga Quaker Oats merah relatif murah, yaitu: Rp32.500 untuk kemasan 800g.

Nilai gizi dari Quaker Oats adalah setiap 4 sendok Quaker Oats akan menghasilkan 140 kalori. Jadi, kalau kamu ingin mendapatkan banyak kalori dari oatmeal, kamu dapat menaikkan porsi penyajian atau mencampurnya dengan bahan lain.

Berikut ini resep oatmeal yang enak:

  1. Oatmeal + abon.
  2. Oatmeal + buah-buahan.
  3. Oatmeal + yogurt.
  4. Oatmeal + susu.
  5. Oatmeal + telur + kecap.

Untuk lebih jelasnya, silakan lihat channel Yulia baltschun. Di sana, Yulia membagikan banyak resep oatmeal yang lezat dan bergizi tinggi.

Akhir kata, itulah pembahasan dari 5 bekal makanan pendaki gunung yang bergizi tinggi. Intinya, dari pada bawa mie instant sebaiknya kamu membawa makanan alternatif yang lebih bergizi. Kami telah membagikan beberapa ide menu masakan yang praktis dan lezat, seharusnya kamu bisa mencobanya sendiri. Hehe. Jika ada bekal makanan lain yang lebih praktis dan bergizi, yuk, diskusi di kolom komentar.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *